Home Blog MOTIVASI SUKSES DALAM ISLAM

MOTIVASI SUKSES DALAM ISLAM

42
0
SHARE

Motivasi Sukses dalam Islam – Pada umumnya, semua agama diciptakan untuk selalu memberikan petunjuk mengenai kebaikan dalam kehidupan, baik itu kehidupan dunia maupun akhirat. Tak terkeculi Islam. Kesuksesan dalam Islam tidak serta merta mengatakan bahwa umat Islam hanya sukses di akhirat semata, tetapi Islam juga mendorong semua umatnya untuk mau merubah nasib menjadi lebih baik dalam dunia.

Motivasi sukses dalam Islam juga sudah dicontohkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW, di mana beliau merupakan seorang pengusaha atau pebisnis sukses. Selain Nabi, ada juga sahabatnya yang juga menggeluti dunia usaha sebagai mata pencahariannya. Dia adalah Utsman Bin Affan. Dalam menjalankan usahanya, Utsman memiliki prinsip jika ingin menerima rezeki yang banyak, maka juga harus berinfak yang banyak. Tentu saja apa yang dilakukannya tersebut sesuai dengan motivasi sukses dalam Islam.

Jika kamu memilih berwirausaha sebagai media untuk meraih kesuksesan, satu hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mempelajari motivasi sukses dalam Islam seperti Nabi dan sahabatnya. Dan berikut ini bagaimana cara memulai sebuah usaha jika dipandang dalam sudut pandang Islam:

  1. Membulatkan niat dan tekad;

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam membangun usaha adalah dengan meluruskan niat dan tekad. Hal ini penting kamu lakukan untuk selalu memacu dirimu menjadi seorang pengusaha yang bermental baja dan mau mensucikan hartanya dengan cara bersedekah.

  1. Jamin kehalalan produk atau jasa yang kamu kelola;

Langkah berikutnya adalah dengan memilih produk atau jasa yang sudah teruji kehalalannya. Jangan pernah sekali pun terpikir di benak kamu untuk menjual produk atau jasa yang tidak halal meskipun keuntungan yang diperoleh lebih banyak. Seleksi dan teliti baik-baik untuk menjamin kehalalan usahamu.

  1. Menjalin relasi yang luas;

Selain beberapa poin di atas, poin lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan mencari relasi, rekan kerja, atau partner yang memiliki visi atau tujuan hidup yang sama. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari konflik dan risiko dalam menjalankan usaha.

  1. Jangan lupa bersedekah;

Hal lain yang mutlak kamu perlukan adalah memberikan sebagian harta titipan Allah tersebut kepada orang-orang yang membutuhkan. Tumbuhkan niat bahwa bersedekah bukan hanya suatu kewajiban, tetapi juga kebutuhan.

Motivasi sukses dalam Islam untuk membangun suatu usaha di atas juga harus diimbangi dengan berdoa dan memasrahkan segala sesuatunya kepada Allah. Menyadari bahwa semua yang kamu punya merupakan titipan, mutlak kamu lakukan untuk semakin memasrahkan segala sesuatu dan berserah diri kepada-Nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here