Home Blog MATERI SEMINAR MOTIVASI

MATERI SEMINAR MOTIVASI

35
0
SHARE

Materi Seminar Motivasi – Sebagai seorang motivator yang akan memberikan materi seminar motivasi, Anda diwajibkan untuk menjadi seorang pembicara yang dapat mengaplikasikan setiap presentasi dengan baik dan terstruktur, tepat waktu, serta materi yang benar-benar berbobot. Maka dari itu, Anda perlu mempelajari teknik-teknik membuat sebuah materi seminar motivasi yang berbobot. Kepuasan dan pemahaman audience menjadi syarat utama yang harus Anda dapat dalam proses pemberian motivasi maupun pasca motivasi diberikan. Ilmu dan kebaikan yang Anda sampaikan akan terbuang sia-sia apabila motivasi tersebut tidak tepat sasaran.

Berikut ini ulasan teknik dan langkah membuat materi seminar motivasi yang baik dan terstruktur.

  1. Menemukan ide atau gagasan;

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat materi seminar yang baik dan terstruktur adalah dengan menemukan ide tersebut. Ide seminar biasanya sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara. Tetapi Anda sebagai motivator juga berperan penting dalam langkah pertama ini. Anda harus menjadi seorang motivator mandiri dan penuh tanggung jawab, baik kepada pihak penyelenggara, calon peserta motivasi, maupun pihak-pihak lain.

Anda dapat mencatat ide tersebut dalam sebuah kertas atau buku catatan. Pilihlah ide atau gagasan yang sesuai dengan kondisi sosial audience, jangan terlalu berat, tetapi harus tetap berbobot. Ingat, buat lebih dari satu ide sebagai pilihan.

  1. Mengoreksi dan mengevaluasi ide tersebut;

Setelah beberapa ide dan gagasan terkumpul, langkah selanjutnya adalah melakukan koreksi dan evaluasi. Pilih ide yang terbaik. Anda juga dapat melakukan voting atau meminta pertimbangan pihak penyelenggara dalam proses pengevaluasian ide tersebut.

  1. Merapikan plot-plot ide;

Jika ide sudah digali dan dievaluasi, selanjutnya ide perlu digodok dan dirapikan. Anda harus merapikan plot atau alur ide tersebut menjadi suatu materi seminar motivasi yang berbobot nantinya. Sehingga alur dari ide tersebut benar-benar dibutuhkan calon peserta motivasi, serta membawa manfaat yang besar untuk peserta atau audience, untuk penyelenggara, dan untuk diri Anda sendiri.

  1. Memantapkan ide menjadi materi seminar motivasi;

Langkah krusial terakhir adalah dengan memantapkan ide tersebut menjadi sebuah materi. Mulai dari sini, Anda dapat membuat materi seminar yang sudah tersampul seluruhnya. Setelah itu, Anda tinggal menuangkannya ke dalam aplikasi powerpoint dan membuat pembukaan serta penutupan seminar, kemudian melatihnya.

Jika semua langkah di atas sudah Anda lakukan, dibekali dengan jam terbang dan kemampuan berkomunikasi, serta pengelolaan kondisi, Anda akan memberikan sebuah presentasi yang baik pada proses pemberian materi seminar motivasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here