Home Blog TRAINER MOTIVASI

TRAINER MOTIVASI

88
0
SHARE

Trainer Motivasi – Segala hal yang berhubungan dengan motivasi seseorang, pasti membutuhkan seorang pelatih atau trainer motivasi yang dapat memberikan semangat kepada peserta motivator. Sehandal apa pun trainer motivasi, pasti akan selalu ada kendala yang menyebabkan dirinya mengalami kesulitan-kesulitan, bahkan tidak jarang mengalami keputusasaan karena peserta motivasi yang kurang dapat dikondisikan.

Trainer motivasi di bidang kinerja karyawan misalnya, seringkali para trainer dihadapkan pada besarnya permasalahan yang mengakibatkan berbagai kendala ketika motivasi tersebut dilangsungkan. Beberapa kendala di bawah ini, mungkin saja sering dialami dalam setiap sesi pemberian motivasi karyawan:

  1. Peran oleh masing-masing pihak yang kurang jelas;

Dalam setiap pelatihan, dibutuhkan peran dari masing-masing pihak yang mengharuskan seorang atasan dan bawahan memahami, siapa sebenarnya trainer motivasinya. Apakah atasan tersebut, atau motivator undangan yang akan memberikan berbagai macam arahan kepada peserta motivasi, yang biasanya adalah karyawan. Motivasi dari perusahaan sering dilakukan hanya dengan rapat pemberian motivasi, tanpa paham betul masing-masing peran yang dijalankan. Selain itu, seberapa besar dukungan yang diperlukan juga kurang dibahas dengan baik, sehingga pemberian motivasi tersebut semakin tidak jelas di mana ujungnya.

  1. Pergantian manajemen;

Berganti kepemimpinan atau manajemen, merupakan masalah besar yang sering dihadapi oleh karyawan. Karyawan yang biasanya sudah merasa nyaman dengan manajemen lama, harus dipaksa mengikuti manajemen yang baru. Hal ini tentu saja menjadi permasalahan kompleks apabila pihak manajemen baru tidak memberikan motivasi baru bagi karyawan lama. Maka dari itu, di sinilah peran besar trainer motivasi perlu dipertimbangkan.

  1. Kurangnya kemampuan berkomunikasi para atasan;

Atasan yang menyebut dirinya sebagai trainer, tentu saja harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Jika atasan tersebut memberikan materi motivasi dengan bertele-tele, karyawan bukannya malah termotivasi, tetapi malah bosan dengan gaya penyampaian yang dilakukan trainer.

  1. Banyak tekanan dalam pekerjaan;

Suasana pekerjaan yang nyaman, terkadang masih jauh dari harapan sebagian karyawan. Tekanan bukan hanya dari segi tugas yang diberikan, tetapi juga rekan kerja, atau lingkungan kerja yang tidak nyaman dapat menjadi salah satu penyebabnya. Permasalahan di atas, juga mengakibatkan pemberian motivasi terkadang harus mengalami banyak kendala.

Trainer motivasi diharapkan mampu membawa angin segar bagi karyawan. Bukan hanya memecahkan berbagai problematika kerja karyawan saja, tetapi juga memberikan karyawan suntikan semangat untuk bekerja secara tulus dan enjoy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here