Home Kuliah 4 JALAN MANDIRI SAAT KULIAH

4 JALAN MANDIRI SAAT KULIAH

2340
3
SHARE

4 JALAN MANDIRI SAAT KULIAH

Ada banyak cara mahasiswa untuk bisa mandiri, tanpa membebani orang tua. Diantaranya:
1. Dapet beasiswa. Apalagi kalau beasiswanya full scholarship. Dari mulai uang semesteran, sampai uang bulanan dapet. Selain untuk berprestasi, bisa dimanfaatkan juga dana bulanannya untuk modal usaha dan bantu orang tua.
2. Juara lomba. Ada juga kesempatan untuk jadi juara di segala perlombaan. Dari tingkat kampus sampai internasional. Sekali juara, hadiahnya bisa cover uang bulanan sampai setahun. Asyik toh! Tinggal semangat hunting informasi dan berani mencoba. Urusan jadi juara, syukuri aja. Hehe…
3. Kerja sambilan. Saya kagum, ada seorang peserta training di Jogja, bisa kuliah sendiri dengan menjadi tukang parkir,. Subhanallah, kerja sambilan jadi guru privat, guru bimbel, atau jadi asisten dosen juga lumayan.
4. Usaha sendiri. Nah, ini yang mantep banget! Karena sejak mahasiswa udah bisa mandiri, gak nyusahin orang tua, plus bisa traktir temen sekelas di akhir bulan. Bisa dsri mulai jualan kebutuhan mahasiswa, seperti jaket angkatan, kaos kelas, studi tur, jasa potokopian, dan lain-lain. Kuncinya mesti berani dan mengambil peluang. Siapa tahu, lulus kuliah, bingung cari pekerja, bukan galau cari kerja.

Yuk, belajar mandiri!

Jangan tunggu nanti untuk mandiri.
Selagi masih dini belajar untuk gak membebani
Gak ada yang jamin ortu masih bisa mencukupi.
Lebih baik bahagiakan mereka segera dengan kesolehan kita dan kemandirian kita.

3 COMMENTS

  1. kak, bagaimana kalo orangtua malah melarang untuk cari kerja dulu. mereka malah bilang untuk fokus sama kuliah dulu trus katanya gak usah terlalu terjun di dunia organisasi? respond kak

    • mbak fitriani hasmin sama kayak kisah saya mbk..
      orang tua juga bilangnya gitu. Berhubung saya kuliahnya jauh dari rumah, ada untungnya, saya tetap nekat ikut, mencoba ini itu dan berbagai peluang, dari guru les, penjual gorengan, penjual buku, barang2 bekas, organisasi juga jalan..Meski orang tua ndak tau, setidaknya kita tau bahwa apa yang kita jalankan bukanlah jalan yg melenceng…Buktikan dg seperti itu kuliah pun tetap bjalan dg baik.. 🙂

  2. I discovered your 4 JALAN MANDIRI SAAT KULIAH | Trainer Motivasi Tokoh Motivator Muda Indonesia Sukses Penulis Terbaik page and noticed you could have a lot more visitors. I have found that the key to running a website is making sure the visitors you are getting are interested in your niche. There is a company that you can get visitors from and they let you try their service for free. I managed to get over 300 targeted visitors to day to my site. Visit them here: http://claimyourexcellence.info/1gk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here