Home Blog BELAJAR PUBLIC SPEAKING

BELAJAR PUBLIC SPEAKING

91
0
SHARE

Belajar Public Speaking – Setiap manusia tentunya memiliki bakat yang ada sejak kecil maupun bakat yang ia ciptakan sendiri. Salah satu bakat yang bisa Anda asah adalah belajar public speaking. Kenapa bakat ini harus diasah? Karena dalam dunia kerja, Anda membutuhkan cara berbicara yang baik. Belajar public speaking bisa Anda pelajari sedini mungkin, sehingga Anda tidak perlu canggung lagi ketika harus berhadapan dengan banyak orang.

Bukan hanya saat Anda bekerja di kantor, tetapi saat Anda ingin menjadi pengusaha, motivator ataupun cita-cita yang lainnya. Belajar public speaking bisa membuat Anda lebih percaya diri ketika Anda mempresentasikan hasil kerja.

Berikut beberapa cara belajar public speaking yang sudah admin rangkum serinci mungkin:

  1. Lancar dalam berbicara;

Lancar disini adalah saat belajar public speaking maka Anda tidak boleh tampak gugup atau bahkan berhenti tiba-tiba saat sedang berbicara. Bagi pemula, hal itu bisa sering terjadi. Maka hindarilah kalimat jeda yang bisa membuat pikiran Anda buyar dan mengakibatkan tidak bisa melanjutkan apa yang Anda sampaikan. Jika Anda merasa gugup, maka jedalah dengan tanpa berbicara, biarkan saja hening seketika.

  1. Tatapan;

Ketika Anda sudah mulai berlatih, maka hal yang terpenting selanjutnya adalah tatapan mata Anda kepada audience. Hal ini sangatlah penting, karena saat bicara, kontak mata harus bisa terjaga untuk meyakinkan audience. Kontak mata tidak hanya tertuju pada satu orang, melainkan semua audience harus bisa merasakan tatapan atau kontak mata dengan Anda. Sehingga nantinya mereka akan bisa menikmati apa yang Anda sampaikan.

  1. Training;

Salah satu cara agar ilmu public speaking Anda semakin lancar, maka harus sering mengikuti training. Training adalah pelatihan untuk mempermudah Anda dalam berlatih. Kenapa ini harus Anda lakukan? Karena dengan training, Anda bisa mendapatkan ilmu yang langsung dibimbing oleh pelatih yang nantinya bisa mengoreksi kesalahan yang terus Anda lakukan. Dalam ilmu training, tentunya akan banyak hal yang Anda ketahui.

  1. Ekspresi yang tepat;

Ketika Anda sedang menyampaikan presentasi, maka cara belajar public speaking-nya adalah dengan menggunakan ekspresi pada wajah dan tubuh. Agar para audience bisa menyimak dengan nyaman, maka Anda bisa menggunakan ekspresi sesuai dengan tema yang Anda sampaikan tanpa berlebihan ataupun kurang. Memang terkadang banyak orang yang tidak bisa menggunakan ekpersinya dengan tepat, sehingga terasa membosankan. Maka hindarilah hal itu dan berlatihlah menguasai mimik wajah.

Selain hal di atas, tentunya Anda masih punya banyak cara dalam melatih kemampuan yang Anda punya. Tak hanya menguasai teorinya saja, namun juga harus mempraktikkannya. Karena dengan mempraktikkannya, maka Anda akan lebih mudah dalam mencapai keberhasilan tersebut. Tidak hanya cukup sampai disitu, jika Anda sudah terbiasa untuk belajar public speaking, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus meningkatkan kualitas yang Anda punya. Dengan meningkatkan kualitas, maka nantinya Anda tidak akan banyak mengulangi kesalahan yang fatal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here