Home Blog MENJADI PEMUDA TANGGUH

MENJADI PEMUDA TANGGUH

3
0
SHARE

Menjadi Pemuda Tangguh – Selagi masih berusia muda, sudah barang tentu, dong, harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai masa muda hanya kita habiskan untuk foya-foya dan menikmati fasilitas orang tua tanpa bertanggungjawab. Masa muda harus diisi dengan berbagai kegiatan bermanfaat yang dapat membuat kita menjadi pemuda tangguh.

Ketangguhan pun teruji ketika kita mampu melewati halangan, rintangan, kritikan, bahkan caci maki dari orang lain. Dengan niat dan tekad yang kuat, menjadi pemuda tangguh bukan lagi angan-angan. Agar tetap tegar seperti batu karang di tengah lautan, kita pun harus selalu memiliki motivasi untuk menghadapi halangan, rintangan, kritikan, dan caci maki tersebut.

Untuk itu, kita perlu melakukan hal-hal di bawah ini, nih, buat selalu memberikan motivasi untuk diri kita sendiri agar menjadi pemuda tangguh.

  1. Memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi terlepas dari apa pun kekurangan kita;

Terkadang, pengalaman hidup yang belum sebanyak orang dewasa yang sudah matang, membuat kita sebagai anak muda cenderung minder dan tidak percaya diri. Apa lagi ketika kita memiliki kekurangan yang menurut orang lain akan menghalangi kita, misalnya bentuk fisik yang kurang sempurna, dan sebagainya.

Untuk itu, demi menjadi seorang pemuda tangguh, kita perlu memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi, caranya dengan berani menjalin relasi dengan banyak orang, berani mencoba hal-hal baru, berani mengikuti komunitas, dan sebagainya.

  1. Bermental tangguh;

Ketika banyak cacian dan kritikan, seyogianya akan membuat diri kita semakin kuat, bukan malah down dan minder. Memiliki mental tangguh sangat penting dilakukan agar kita menjadi manusia yang semakin baik ketika menginjak dewasa nanti.

  1. Tidak memakai topeng;

Untuk membentuk diri menjadi pemuda tangguh berikutnya, adalah melalui pengakuan diri. Menjadi diri sendiri merupakan satu hal mutlak yang harus kita lakukan. dengan memakai topeng dan selalu berpura-pura, malah akan membuat kita tertekan sepanjang hidup.

  1. Berada dalam kumpulan orang-orang positif;

Hal lain yang perlu kita lakukan untuk menjadi pemuda tangguh adalah selalu berada dalam kumpulan orang-orang positif. Bisa melalui organisasi, komunitas, dan kegiatan lainnya. Dengan begitu, perlahan kita akan menjadi pemuda yang senantiasa berdaya dan tangguh terhadap berbagai macam tekanan.

Menjadi pemuda tangguh juga akan membuat kita memiliki kredibilitas, lho, di mata banyak orang. Bisa saja dengan begitu, kita akan menjadi manusia yang selalu berkontribusi dalam hal positif kepada lingkungan, bahkan ketika tidak muda lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here