Home Blog MOTIVASI NILAI DIRI

MOTIVASI NILAI DIRI

50
0
SHARE

Motivasi Nilai Diri – Seperti halnya benda-benda yang ada di dunia ini; beberapa dari mereka bernilai tinggi dengan ciri khas masing-masing, meski sama-sama unik dan antik, pasti ada pembeda dari dua benda tersebut. Itulah yang dinamakan nilai; dan nilai adalah sebuah simbolis dan tolak ukur untuk mengetahui baik tidaknya suatu benda atau seseorang.

Mungkin itulah alasan mengapa nilai menjadi hal yang penting. Mengapa nilai diri kita sangat penting dalam kehidupan? Karena, kita dikenali orang lain sesuai dengan apa yang kita tampilkan pada mereka. Nilai diri kita ditentukan oleh diri kita sendiri, bukan orang lain. Dan nilai diri kita lah yang menentukan seberapa berkualitaskah diri kita, seberapa mampukah kita menjalankan peran hidup masing-masing, dan seberapa baik kita menghadapi setiap permasalahan yang ada dalam hidup.

Beberapa tips berikut ini merupakan cara menemukan motivasi nilai diri yang bisa admin paparkan. Semoga tulisan ini nantinya menginspirasimu untuk dapat menemukan motivasi nilai diri yang tersembunyi dalam dirimu sendiri.

  1. Beranilah membentuk diri dengan menghilangkan bagian yang tidak berguna berupa sifat-sifat negatif yang selama ini menempel pada diri kita;

Tidak ada satu manusia pun yang sempurna; tetapi tugas kita adalah memperbaiki diri agar menjadi seseorang yang lebih baik. Setiap orang selalu memiliki sisi buruk dalam dirinya, dan itu merupakan hal yang lumrah. Tetapi, kita harus berani menyingkirkan sifat jelek itu dan mulai melatih diri kita untuk terbiasa melakukan hal-hal yang lebih positif.

Orang-orang dengan nilai diri yang baik adalah mereka yang tidak pernah malu mengakui kekurangannya; tetapi juga selalu berupaya untuk memperbaiki keburukan yang ada pada dirinya, agar menjadi seseorang yang lebih baik.

  1. Tekadkan kemauanmu;

Untuk menjadi seseorang dengan nilai diri yang tinggi, maka kita harus selalu bertekad kuat dalam menyusun rencana menggapai impian. Semakin besar tekad kita akan sesuatu, maka semakin besar pula upaya yang akan kita lakukan dalam mewujudkan hal tersebut. Maka, jadilah bernilai dengan membulatkan tekad meraih impian; serta selalu mengupayakan yang terbaik dalam setiap langkah kita.

  1. Majulah tanpa menyingkirkan orang lain;

Orang-orang dengan nilai diri yang tinggi adalah mereka yang tidak pernah sedikitpun berupaya untuk menjatuhkan orang lain hanya karena ingin merasakan manisnya kesuksesan seorang diri. Orang dengan nilai diri yang tinggi selalu menyadari bahwa kesuksesan yang sesungguhnya adalah kesuksesan yang diraih dan dinikmati bersama-sama. Maka, jadilah bernilai dengan selalu berupaya meraih kesuksesan tanpa menjelekkan orang lain.

  1. Kenali dirimu sendiri;

Sederhana tapi sulit. Untuk menjadi seseorang dengan nilai diri yang baik, tentu kita harus mengenali siapa diri kita, apa keinginan kita, apa kemampuan dan kelebihan serta kekurangan kita. Dengan mengenali diri kita sendiri, maka kita akan lebih mudah mencapai tujuan yang ingin kita raih dalam hidup.

4 cara menemukan motivasi nilai diri ini akan menginspirasimu untuk terus berupaya melakukan yang terbaik. Seseorang dengan nilai diri yang baik akan selalu dinampakkan lewat perilakunya sehari-hari. Maka, jadilah salah satu orang yang selalu beruntung karena bisa menumbuhkan motivasi nilai diri dalam dirinya sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here