Home Blog BUSINESS COACH INDONESIA

BUSINESS COACH INDONESIA

45
0
SHARE

Business Coach IndonesiaBusiness coach adalah metode baru dalam dunia bisnis yang sedang berkembang dewasa ini, termasuk di Indonesia. Coaching sendiri sebelumnya kita kenal sebelumnya dalam dunia olahraga; yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi para atlitnya dalam bidang olahraga tertentu yang ditekuninya. Dari situ, istilah coaching mulai berkembang ke ranah bisnis dan menjadi suatu metode efektif untuk memberikan dampak positif pada karyawan hingga perusahaan.

Tahukah kamu bahwa sudah banyak perusahaan yang menerapkan business coach dengan metode coaching-nya untuk memaksimalkan potensi kerja yang dimiliki karyawannya? Ya, fungsinya sama dengan coaching dalam dunia olahraga, sama-sama memaksimalkan potensi klien. Coaching sendiri adalah suatu proses interaksi dua arah yang aktif antara coach dengan klien yang bertujuan untuk menggali pemikiran-pemikiran dari klien, sehingga memacu klien untuk memunculkan inspirasi agar bergerak untuk meningkatkan kinerjanya dalam perusahaan.

Tentunya, dalam memilih coach yang handal dan kompeten, diperlukan beberapa langkah yang harus dipikirkan masak-masak. Apa saja sih kriteria yang harus kita pertimbangkan untuk memilih business coach Indonesia?

  1. Pilih coach yang mau mendengarkan, bukan yang suka bicara.

Penting untuk diperhatikan, bahwa business coach sejatinya haruslah mereka yang lebih banyak mendengarkan dan memberikan feedback yang positif pada kliennya. Mendengarkan adalah proses dimana akan tercipta komunikasi dua arah yang efektif, sehingga kegiatan mendengarkan yang dilakukan oleh coach akan dapat membentuk kerjasama yang baik antara dia dengan klien untuk dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki klien.

Sebaliknya, terlalu banyak bicara hanya akan menghambat proses komunikasi yang efektif, sebab klien harus lebih banyak mendengarkan ketimbang menyampaikan pendapatnya. Hal ini bertentangan dengan tujuan coaching yang memang untuk meningkatkan kinerja klien.

Sebelum menentukan pilihan, lakukanlah riset terlebih dahulu, yang bisa diperoleh dari berbagai media teknologi yang sudah menyediakan akses browsing yang mudah. Perlu kamu ingat juga bahwa business coach Indonesia sangat banyak, dan itu merupakan pilihan yang sulit bagimu. Tetapi, selalu ada yang terbaik dan sesuai dengan keinginan perusahaanmu, kan?

  1. Memilih coach bersertifikasi

Ini penting mengingat bahwa kita tidak bisa memilih sembarang orang untuk dijadikan business coach di perusahaan kita. Sebelum menjalin kerjasama kontrak, pastikan kita tahu latar belakangnya, jam terbangnya, serta bagaimana ia mendapat sertifikasi. Pastikan bahwa sertifikat itu memang diakui dan masih berlaku di Indonesia, sehingga kita benar-benar terhindar dari coach yang abal-abal. Memilih coach yang bersertifikasi akan membantu memaksimalkan proses coaching yang memang tujuannya untuk memaksimalkan kinerja klien sehingga mencapai target yang diharapkan.

  1. Pengalaman coaching

Sangat mudah mengetahui kualifikasi serta pengalaman seorang business coach Indonesia dalam memberikan coaching di berbagai bisnis yang ada di negara kita, salah satunya lewat rekomendasi teman, website, maupun dari tulisan-tulisan coach dan seminar yang diadakan oleh coach tersebut. Pengalaman yang banyak tentu saja mempengaruhi kualitas coaching yang diberikan.

Nah, itu tadi 3 tips utama untuk memilih business coach Indonesia yang mungkin dibutuhkan perusahaanmu. Semoga bisnismu lancar dan sukses, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here