Home Blog MOTIVASI KERJA

MOTIVASI KERJA

27
0
SHARE

Motivasi Kerja – Kadang bosen ya, melakukan rutinitas kerja yang itu-itu aja. Berangkat pagi, kerja sampai siang bahkan larut, pulang, tidur, besoknya berangkat lagi, kerja lagi, pulang lagi. Kalau kita nggak punya motivasi apapun saat kerja kecuali biar dapat uang yang banyak, kita nggak akan dapat apa-apa kecuali rasa capek dan bosan karena harus mengulang-ulang hal yang sama setiap harinya. Coba luangkan tiga menit berhargamu untuk membaca ini, barangkali setelahnya, kamu akan tergerak untuk menjadikan tiga poin ini sebagai motivasi kerjamu.

Jadi, motivasi kerja yang kayak gimana sih yang sebenarnya dibutuhkan?

  1. Niatkan karena Allah Ta’ala;

Ini poin yang paling penting dari apapun. Kalau semuanya dari awal sudah kita niatkan untuk Allah, nggak akan ada yang sia-sia. Bahkan, kalau kita merasa sangat lelah dan jenuh karena harus menjalani pekerjaan yang sama setiap harinya, kita tidak melakukannya dengan percuma, karena sudah dicatat Allah sebagai satu kebaikan. Apalagi jika kita bekerja untuk menafkahi keluarga, maka setiap langkah kita akan mendapatkan rahmat dari Allah, bahkan dihitung sebagai jihad. Keren, kan?

Beda lagi kalau niat kita dari awal hanya untuk mendapatkan banyak uang. Memang sih, kita akan mendapatkannya. Tetapi, nilai berkahnya jadi tidak ada, kan? Sudah capek, jenuh, dan nggak dapat berkah dari Allah karena kita niatnya hanya untuk dunia. Dunia kalau dikejar nggak pernah ada habisnya, beda lagi kalau mengejar ridha Allah, pasti kita akan dapat lebih dari yang kita usahakan. Allah itu Maha Pemurah, kok. Allah nggak akan membuat hambaNya yang berjuang keras berakhir dengan sia-sia. Jadi, mulai sekarang, yuk kita niatkan segalanya karena Allah. Lelah yang lillah, apa yang lebih baik dari itu?

  1. Menyenangi pekerjaan yang kita lakukan;

Kadang, kita bekerja hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup, nggak peduli pekerjaan itu menyenangkan atau tidak. Padahal, ketika kita menyenangi pekerjaan yang kita lakukan, kita akan merasa lebih bahagia ketika bekerja. Kita nggak akan tertekan karena harus mengulang-ulang pekerjaan yang sama setiap harinya. Bosan pasti ada, itu lumrah. Tetapi ketika kita merasa enjoy dengan rutinitas kerja yang sama setiap harinya, kita akan merasa lebih hidup. Walau capek, tapi bahagia. Kebahagiaan itu faktor terpenting dari segalanya. Apapun yang kita lakukan karena bahagia, pasti akan memberikan dampak yang baik juga terhadap diri kita. Jadi, sudahkah kamu menyenangi pekerjaan yang kamu dapatkan?

  1. Selalu ingat untuk bersyukur;

Kenapa sih kita nggak boleh lupa sama poin yang satu ini? Karena kita adalah orang yang beruntung, loh. Bisa jadi kan, pekerjaan yang kita dapatkan sekarang adalah mata pencaharian yang sangat diidamkan orang lain. Bisa jadi kan, pekerjaan yang kita keluhkan setiap hari adalah hal yang paling diimpikan oleh orang-orang yang masih menganggur. Maka dari itu, saat kita merasa sangat capek dan jenuh, kita harus ingat bahwa di luar sana masih banyak yang lebih tidak beruntung dari kita.

Bahkan perintah untuk bersyukur kepada Allah sudah tercantum dalam Q.S Ibrahim 14:7 “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Masih ngerasa nggak, kalau kadang kita kurang bersyukur sama pekerjaan kita. Kalau lagi ada masalah sedikit, mengeluh. Kalau capek, mengeluh. Bosen, mengeluh. Dimarahin bos, mengeluh. Beda pendapat sama rekan kerja, mengeluh. Coba kita ubah keluhan-keluhan itu dengan rasa syukur dan senyum. Sudah dapat berkah, dapat bonus bahagia, lagi!

Susah-susah gampang ya untuk menciptakan motivasi kerja yang baik plus dapat bonus lelah yang lillah. Tetapi, nggak ada salahnya untuk mencoba. Bukankah, menjadi baik itu sudah dinilai satu kebaikan? Ingatlah, nggak akan ada yang sia-sia ketika kita sudah memiliki niat untuk menjadi lebih baik. Kalau nggak sekarang, kapan lagi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here