Home Blog KATA MOTIVASI DIRI DAN ORANG LAIN

KATA MOTIVASI DIRI DAN ORANG LAIN

50
0
SHARE

Kata Motivasi Diri dan Orang Lain – Sebagai manusia biasa yang dianugerahi hati nurani dan akal pikiran, sering kali manusia seperti kita bersikap paradoks atau tidak adanya keselarasan antar keduanya. Hal tersebut berakibat pada aplikasi atau tindakan yang kita lakukan sering kali bertolak belakang dengan apa yang sebenarnya kita inginkan. Jika dibiasakan, bukan hanya kita yang merugi karena sudah membohongi diri kita sendiri, tetapi juga berdampak kepada orang lain di sekitar kita.

Kata motivasi diri dan orang lain untuk tidak bersikap paradoks, dapat kita dapatkan dari mana saja, termasuk dalam lingkup keluarga yang memberikan kritik dan masukan kepada kita untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan kombinasi akal pikiran dan hati nurani. Tetapi, sedekat apa pun orang yang memberikan saran tersebut, apabila dari dalam diri kita sendiri belum mampu mengelolanya, maka kata motivasi diri dan orang lain tersebut hanya akan menjadi isapan jempol belaka.

Berikut ini cara yang dapat kita lakukan untuk mulai membiasakan diri menyelaraskan hati dan pikiran dan mengaplikasikannya ke dalam sebuah tindakan.

  1. Menentukan seberapa besar keyakinan kita untuk menyatukan hati dan pikiran;

Cara pertama yang dapat kita lakukan adalah menentukan seberapa besar keyakinan kita untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan pikiran dan nurani. Jika kita hanya mampu memprediksi keyakinan kita sampai lima puluh persen saja, maka berikan jeda waktu untuk mengkombinasikannya sebelum melakukan suatu keputusan krusial.

  1. Pikir ulang apakah keputusan yang kita tentukan sudah tepat atau belum;

Setelah menentukan seberapa besar keyakinan akan kombinasi yang tepat untuk menentukan tindakan, maka pikir ulang apakah keputusan yang kita ambil sudah tepat atau belum. Indikator yang dapat kita daftar adalah menentukan kelebihan dan kelamahan atau dampak negatif dan dampak positif yang akan kita timbulkan jika kita memutuskan hal tersebut.

  1. Evaluasi pengalaman;

Setelah menentukan pilihan dan mengeksekusinya, yang dapat kita lakukan setelahnya adalah mengevaluasi apakah tindakan yang sudah kita jalankan tepat sasaran atau belum. Jika sudah, berarti kita sudah mampu mengambil keputusan yang tepat, jika belum maka terus belajar menjadi seorang yang baik merupakan tindakan yang bijak. Jika dilakukan berulang-ulang maka intuisi kita akan semakin tajam.

Kata motivasi diri dan orang lain tentunya juga dapat berguna bagi orang-orang di sekitarmu agar semakin mampu meningkatkan rasa kepercayaan dirinya, dan meminimalisir penggunaan topeng atau paradoks yang dia kenakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here