Home Blog MOTIVASI DIRI SENDIRI

MOTIVASI DIRI SENDIRI

18
0
SHARE

Motivasi Diri Sendiri – Motivasi diri sendiri adalah salah satu hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan gairah hidup yang lebih baik daripada sebelumnya. Sebagai makhluk sosial, sudah sepatutnya kamu bukan hanya membangun motivasi diri sendiri saja, tetapi juga membangkitkan motivasi untuk orang lain. Untuk membangun motivasi tersebut, kamu perlu memahami konsep mengenai sebuah usaha. Usaha untuk mendapatkan kesenangan dan usaha untuk mengalahkan kesengsaraan.

Ketika semangat kamu semakin menggebu-gebu untuk segera mendapatkan sebuah keberhasilan dan mengalahkan kesengsaraan, mungkin saja tiba-tiba kamu akan merasa loyo kembali. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Ada banyak penyebab yang memberikan dampak seperti di atas, salah satunya adalah masalah tekad dan niat yang belum bulat. Selain itu, mungkin saja kamu akan merasa kebingungan tiap kali akan melakukan suatu tindakan.

Berikut ini cara bagaimana kamu memberikan motivasi diri sendiri, kemudian memberikan motivasi juga pada orang lain.

  1. Menggali keinginan;

Untuk mulai melakukan suatu tindakan, sebaiknya kamu menggali keinginanmu terlebih dahulu. Keinginan yang kurang diketahui akan memberikan dampak buruk bagi proses pencapaiannya. Sering kali di tengah jalan kamu merasa bahwa keinginan dan jalur yang kamu lewati berseberangan. Salah satu penyebabnya adalah kamu belum menyadari apa sebenarnya yang kamu inginkan.

  1. Buat tujuan yang mantap;

Setelah mengetahui apa keinginanmu, hal lain yang dapat kamu lakukan adalah membuat tujuan yang mantap. Keinginan tanpa tujuan sama artinya dengan kamu menginginkan mengunjungi suatu tempat, tetapi tidak tahu dan tidak ingin tahu bagaimana caranya agar kamu dapat pergi. Itulah mengapa tujuan merupakan sebuah media dan sarana untuk mewujudkan keinginanmu tersebut.

  1. Buat rencana yang matang dan realistis;

Langkah selajutnya untuk memberikan motivasi diri sendiri adalah membuat rencana yang matang dan realistis. Rencana yang matang akan membantumu membuat kompas dari keinginan dan tujuan yang sudah kamu rancang. Sedangkan rencana yang realistis akan memudahkan jalanmu dalam proses mewujudkan keinginan. Rencana yang realistis juga akan meminimalisir halangan tak terduga yang pasti akan kamu lewati.

Selain memberikan motivasi diri sendiri seperti di atas, memberikan motivasi untuk orang lain juga harus kamu pertimbangkan. Karena sebuah keinginan dan tujuan untuk sukses, bukan semata-mata untuk dirimu sendiri tetapi juga untuk orang lain. Adapun cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan memberikan wadah komunikasi. Menjadi teladan seperti ketiga konsep di atas adalah satu langkah yang paling mudah untuk memberikan contoh keberhasilan bagi mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here